Kiki Syahnakri : Apa Saja Yang Mengancam Kita

Jakarta, press3g.com- Kepala Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD), Letjend TNI (purn) Kiki Syahnakri menyatakan, realitas perpolitikan di Indonesia menunjukkan, bahwa kedewasaan dalam berpolitik belum cukup matang.

“Selain itu warna lain perpolitikan mulai menggunakan politik identitas dengan mengusung isu-isu menyangkut sara,” papar Kiki saat memberi pembekalan Bela Negara kepada Ikatann Alumni Resinen Mahasiswa Indonesia (IARMI) di Aula Kantor Pusat PP PPAD JI. Matraman Raya Jakarta Timur, Minggu, (15/4/2018).

Menurut Kiki yang juga Ketua Dewan Pelindung IARMI ini, Politik identitas mudah berkembang di Indonesia. Pasalnya, karena berpolitik tanpa ideologi Pancasila, sistem otonomi, parpol dan elit mengidentifikasikan dirinya berdasarkan sara, dan perkembangan politik hanya untuk perebutan kekuasaan bukan kepentingan rakyat.

Ancaman tersebut di kawatirkan bisa menimbulkan perang generasi keempat, yang biasanya memiliki konsep merusak dari dalam sehingga berpotensi memberikan efek terjadinya perubahan amandemen kita.

“Kalau kita ingin membela hak kita, maka kita harus tau apa saja yang mengancam kita,” ujar Kiki mengungkapkan. (Oscar)