Jakut Raih Trofi Syailendra Kota Layak Pemuda Tingkat Nasional

Jakarta, press3g.com- Momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 89 diwujudkan dengan keberhasilan Jakarta Utara meraih Trofi Syailendra kategori utama Kota Layak Pemuda tingkat nasional. Walikota Jakarta Utara, Husein Murad mengapresiasi peran aktif para pemuda dan pemudi yang terlibat langsung dalam membangun dan memajukan Jakarta Utara.

“Saya sangat bangga dengan semangat mereka yang terus menggelora. Berbagai kegiatan kepemudaan dilakukannya dengan baik. Mereka selalu sigap dalam menjalankan tugas-tugasnya baik itu dibidang sosial ataupun yang lainnya,” tutur Husein Murad usai melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Halaman Plaza Barat, Kantor Walikota Jakarta Utara, Senin (30/10).

Torehan prestasi terus diukir Jakarta Utara diberbagai bidang. Kali ini, Jakarta Utara yang bertindak mewakili Provinsi DKI Jakarta berhasil menyabet penghargaan bergengsi dan berhak menyandang sebagai Kota Layak Pemuda tingkat nasional tahun 2017.

“Prestasi itu diraih atas kerja keras dari semua pihak. Saling bersinergi satu sama lain sehingga berbagai kegiatan bisa terlaksana dengan baik. Saat ini, Jakarta Utara dianugerahkan sebagai Kota Layak Pemuda tingkat nasional yang memiliki arti sebagai kota yang dihuni oleh pemuda dan pemudi yang kreatif, inovatif dan solid,” ungkap Walikota.

Berdasarkan hasil penilaian tim juri dari Kemenpora RI terpilih 10 kabupaten/kota yang berhak meraih penghargaan yaitu Kabupaten Bantaeng (Sulawesi Selatan), Kota Bandung (Jawa Barat), Kota Jakarta Utara (DKI Jakarta), Kota Makassar (Sulawesi Selatan), Kota Padang (Sumatera Barat), Kota Tangerang (Banten), Kota Ternate (Maluku Utara), Kota Banda Aceh (Aceh), Kota Pontianak (Kalimantan Barat), dan Kota Tangerang Selatan (Banten).

Adapun kriteria penilaian Kota Layak Pemuda diantaranya regulasi pemerintah daerah terhadap kepemudaan, penganggaran dan fasilitasi. Selanjutnya, kegiatan kepemudaan, ketersediaan program, dan infrastruktur program kepemudaan. Sedangkan penghargaan Kota Layak Pemuda terbagi dalam sejumlah kategori yaitu Kabupaten/Kota kategori Utama, Kabupaten/Kota kategori Madya dan Kabupaten/Kota kategori Pratama.

“Diraihnya penghargaan itu diharapkan bisa memacu semangat pemuda pemudi Jakarta Utara untuk lebih berkualitas lagi dalam mengisi pembangunan. Selain itu, bisa menciptakan rasa kebersamaan dalam rangka membina kaderisasi di level kepemudaan,” ujar Nurhasanudin, Ketua KNPI Jakarta Utara. (Har)